11 Pengganti Non-Alkohol untuk Wine (Baik Merah Putih)

Anggur adalah minuman beralkohol populer yang dibuat dari jus anggur yang difermentasi.

Anggur merah dan putih juga merupakan bahan memasak yang populer. Mereka termasuk dalam banyak resep untuk meningkatkan rasa dan warna.

Selain itu, anggur sering digunakan dalam memasak untuk memberikan kelembapan, melembutkan daging atau untuk melumerkan panci.

Jika Anda tidak memiliki anggur, atau jika Anda memilih untuk tidak mengonsumsi alkohol, ada banyak pengganti non-alkohol yang dapat Anda gunakan dalam memasak yang akan membuat makanan Anda sama lezatnya.

Artikel ini membahas 11 pengganti non-alkohol untuk anggur dalam masakan.

1. Cuka Anggur Merah dan Putih

Cuka adalah cairan yang difermentasi dan bersifat asam yang biasa digunakan dalam masakan.

Ini terutama terdiri dari asam asetat dan air serta senyawa yang ditemukan dalam anggur, yang sering digunakan untuk membuat cuka. Cuka juga bisa dihasilkan dari sari apel, air kelapa, malt atau beras.

Cuka anggur merah dan putih adalah pengganti yang bagus untuk anggur dalam masakan. Mereka memiliki rasa yang mirip dengan anggur, dan cuka tidak akan secara substansial mempengaruhi rasa hidangan.

Umumnya, cuka anggur berguna untuk resep berbasis cairan, seperti salad dressing dan marinade.

Cuka anggur merah paling baik digunakan dengan daging sapi, babi dan sayuran, sedangkan cuka anggur putih bekerja dengan baik dalam hidangan yang kurang sehat, seperti yang mengandung ayam dan ikan.

Cuka anggur lebih asam daripada anggur biasa, jadi disarankan untuk mencairkannya sebelum menambahkannya ke resep, misalnya dengan mencampur air dan cuka anggur dengan rasio 1: 1.

Penting untuk dicatat bahwa cuka mungkin mengandung sejumlah kecil alkohol, meskipun sebagian besar hilang selama proses fermentasi. Kandungan alkohol juga dikurangi dengan memasak.

Namun, jika alkohol dibatasi dari diet Anda, Anda mungkin lebih memilih untuk menghindari cuka anggur.

    Ringkasan
    Cuka anggur dapat menggantikan anggur dalam masakan tanpa berdampak besar pada rasa resep. Namun, penting untuk mencairkan cuka dengan air sebelum menggunakannya dalam masakan, karena keasamannya yang intens.

2. Jus Buah Delima

Jus buah delima adalah minuman dengan rasa buah yang kaya.

Selain itu, jus delima cukup asam dan meningkatkan rasa hampir semua makanan. Rasa, aroma, dan keasamannya sebanding dengan anggur merah, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan anggur merah sama dalam memasak.

Karena jus buah delima kurang asam dibandingkan anggur merah, Anda dapat mencampurnya dengan satu sendok makan cuka, yang akan menghasilkan rasa yang lebih kuat.

Jus buah delima rasanya enak dengan beberapa jenis hidangan yang berbeda. Ia bekerja dengan baik ketika ditambahkan ke saus salad dan saus atau ketika digunakan dalam glasir untuk sayuran.

Jus buah delima bukan hanya menambah rasa pada resep, tetapi juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Ia kaya akan antioksidan dan telah diteliti karena potensinya untuk menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko umum untuk penyakit jantung (1).

    Ringkasan
    Jus buah delima adalah pengganti yang sangat baik untuk anggur merah dalam masakan karena warna yang sama, rasa dan keasamannya.

3. Jus Cranberry

Jus cranberry adalah minuman asam yang membuat pengganti anggur merah yang sangat baik karena warnanya yang mirip, kaya rasa dan keasaman. Ini memperdalam rasa hampir semua resep.

Mirip dengan jus buah delima, Anda dapat mengganti anggur merah dengan jus cranberry dalam resep dengan rasio 1: 1.

Karena jus cranberry itu manis dengan sendirinya, disarankan untuk memasak dengan versi yang tidak mengandung tambahan gula. Jika tidak, resepnya mungkin lebih manis dari yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda dapat mengurangi rasa manis jus cranberry dengan mencampurnya dengan satu sendok makan atau dua cuka sebelum menambahkannya ke resep.

Jus cranberry juga mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan. Ini telah dipelajari karena kemampuannya untuk mengurangi terjadinya infeksi saluran kemih dan juga kaya antioksidan yang memerangi peradangan penyebab penyakit (2, 3).

    Ringkasan
    Jus cranberry memiliki beberapa sifat yang mirip dengan anggur merah, sehingga membuat pengganti non-alkohol yang bagus untuk anggur merah dalam memasak.

4. Jahe Ale

Ginger ale adalah minuman ringan berkarbonasi yang dibumbui dengan jahe. Biasanya mengandung beberapa bahan lain, termasuk lemon, jeruk nipis, dan gula tebu.

Karena penampilannya yang mirip, ginger ale bisa menjadi pengganti anggur putih dalam masakan. Anda dapat mengganti ginger ale untuk anggur putih dalam jumlah yang sama.

Keasaman ale jahe membuatnya menjadi pelunak daging yang hebat, yang berarti memecah protein dalam daging, membuatnya lebih lembut dan lebih mudah dikunyah.

Perlu diingat perbedaan rasa antara ginger ale dan white wine. Meskipun mereka memiliki rasa kering dan manis yang sama, ginger ale seharusnya hanya digunakan dalam resep yang akan bekerja dengan baik dengan sedikit rasa jahe.

    Ringkasan
    Ginger ale dapat menggantikan anggur putih dalam masakan sebagai hasil dari keasaman dan rasa manis yang sama.

5. Jus Anggur Merah atau Putih

Jus anggur adalah minuman lain dengan profil rasa kaya yang membuat pengganti non-alkohol yang sangat baik untuk anggur.

Karena anggur dan jus anggur memiliki rasa dan warna yang hampir sama, Anda dapat mengganti anggur dengan jus anggur dalam resep dengan rasio 1: 1. Secara alami, jus anggur putih harus digunakan sebagai pengganti anggur putih, dan jus anggur merah sebagai pengganti anggur merah.

Agar tidak terlalu manis, Anda bisa menambahkan sedikit cuka ke jus anggur, yang akan meningkatkan keasaman dan meningkatkan kegetiran. Jus anggur yang dikombinasikan dengan cuka juga membuat bumbu besar untuk daging atau sayuran.

Jus anggur tidak hanya berguna dalam masakan, tetapi juga kaya antioksidan polifenol.

Ini telah dipelajari untuk potensi mereka untuk meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan dapat menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi (4, 5, 6).

    Ringkasan
    Karena jus anggur dan anggur memiliki warna dan rasa yang serupa, jus anggur dapat digunakan untuk menggantikan anggur dengan rasio 1: 1 dalam resep.

6. Ayam, Daging Sapi, atau Sayuran

Daging ayam, daging sapi dan sayuran atau kaldu adalah cairan yang digunakan sebagai dasar untuk berbagai jenis hidangan, termasuk sup dan saus.

Stok dibuat dengan mendidihkan tulang binatang, daging, makanan laut atau sayuran dalam air. Sayuran sisa, bumbu dan rempah-rempah sering ditambahkan untuk meningkatkan rasa stok, dan umumnya digunakan untuk mendidih dan melunakkan daging.

Karena fungsinya yang serupa dalam memasak, stok adalah pengganti non-alkohol yang sangat baik untuk anggur.

Karena kaldu sapi memiliki warna dan rasa yang lebih dalam, ia bekerja paling baik sebagai pengganti anggur merah. Di sisi lain, kaldu ayam dan sayuran lebih baik menggantikan anggur putih.

Tergantung pada rasa yang Anda inginkan dan gunakan dalam resep, Anda dapat mengganti anggur dengan stok pada rasio yang sama. Namun, penting untuk dicatat bahwa stok adalah gurih, jauh lebih sedikit asam dan memiliki rasa ringan dibandingkan dengan anggur.

Jika Anda bertujuan untuk rasa ekstra, atau perlu melunakkan daging dalam resep, ada gunanya menambahkan satu sendok makan cuka per cangkir kaldu di piring.

    Ringkasan
    Daging ayam, daging sapi dan sayuran mungkin menjadi pengganti anggur yang efektif dalam resep, karena fungsinya yang sama dalam memasak.

7. Jus Apel

Jus apel adalah minuman manis yang membuat tambahan yang bagus untuk berbagai resep.

Rasa manis dan warna apel yang ringan membuatnya menjadi pengganti non-alkohol yang bagus untuk anggur putih dalam masakan. Anggur putih dapat diganti dengan jus apel dalam resep dengan rasio 1: 1.

Perlu disebutkan bahwa jus apel bekerja paling baik sebagai pengganti anggur ketika resep hanya membutuhkan sedikit anggur. Jika tidak, Anda mungkin tidak mencapai cita rasa yang Anda tuju.

Mirip dengan jenis jus lainnya, Anda dapat menambahkan cuka ke jus apel untuk menambah keasaman dan rasa ekstra pada resep. Jus apel adalah tambahan yang sangat baik untuk saus yang digunakan untuk merendam hidangan yang lebih ringan.

    Ringkasan
    Jus apel adalah pengganti non-alkohol yang bagus untuk anggur putih karena rasa dan warnanya yang sama.

8. Jus Lemon

Jus lemon memiliki rasa asam dan merupakan bahan utama dalam berbagai resep.

Menambahkan jus lemon ke piring adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan rasa, terutama jika Anda bertujuan untuk rasa yang tajam. Jus lemon bersifat asam, sehingga dapat ditambahkan ke bumbu-bumbu untuk membantu melunakkan daging.

Sebagai hasil dari fungsi serupa, Anda dapat menggunakan jus lemon sebagai pengganti anggur putih dalam memasak. Namun, jus lemon cukup asam dan tidak boleh mengganti anggur putih secara merata, untuk menghindari rasa makanan Anda.

Sebelum menambahkannya ke resep, jus lemon harus diencerkan dengan air bagian yang sama.

Sebagai contoh, jika sebuah resep membutuhkan satu cangkir anggur putih, Anda harus menggantinya dengan setengah cangkir jus lemon yang dicampur dengan setengah cangkir air.

Jus lemon juga kaya nutrisi. Hanya setengah cangkir menyediakan 94% dari kebutuhan harian Anda untuk vitamin C, di samping beberapa kalium, vitamin B, vitamin E dan magnesium (7).

    Ringkasan
    Jus lemon adalah cara terbaik untuk menambahkan rasa dan keasaman pada hidangan, sehingga membuat pengganti non-alkohol yang bagus untuk anggur putih dalam memasak.

9. Cair Dari Jamur Kaleng

Ketika jamur dikalengkan, mereka dicampur dengan cairan yang menyerap sebagian dari rasa mereka.

Salah satu cara untuk menggunakan cairan dari jamur kalengan adalah sebagai pengganti non-alkohol untuk anggur merah dalam memasak. Karena jamur memiliki rasa yang gurih, disarankan untuk menggunakan cairan dalam hidangan gurih.

Namun, jika Anda bertujuan untuk rasa yang lebih manis dalam resep, mungkin akan membantu untuk mencampurkan cairan jamur kalengan dengan jus cranberry, buah delima atau anggur.

Misalnya, jika resepnya meminta dua cangkir anggur merah, Anda dapat menggantinya dengan kombinasi satu cangkir cairan jamur kalengan dengan satu cangkir jus cranberry.

Selain itu, perhatikan bahwa jamur kaleng dan cairannya bisa tinggi sodium. Jika Anda ingin mengontrol kandungan natrium dari resep Anda, pastikan untuk memilih jamur kalengan rendah sodium.

    Ringkasan
    Canned mushroom liquid adalah pengganti yang sangat baik untuk anggur merah dalam masakan, terutama dalam hidangan yang gurih.

10. Jus Tomat

Jus tomat memiliki rasa asam dan agak pahit. 2529/5000
Ini ditambahkan ke beberapa jenis resep untuk meningkatkan profil rasa.

Anda dapat menggunakan jus tomat sebagai pengganti anggur merah dalam masakan, karena keasaman dan warnanya yang sama. Tergantung pada cita rasa yang Anda tuju, jus tomat dapat digunakan sebagai pengganti anggur merah dengan rasio 1: 1.

Karena jus tomat pahit sendiri, mungkin berguna untuk mencampurnya dengan jus buah jika Anda ingin mempermanis resep. Ia bekerja dengan baik dalam resep yang membutuhkan pengasinan.

Jus tomat rasanya sangat berbeda dari anggur, jadi mungkin bermanfaat untuk menguji rasa saat memasak dengan itu untuk memastikan Anda mencapai cita rasa yang Anda inginkan.

Jus tomat bukan hanya bahan memasak yang bagus, tetapi juga sehat. Satu cangkir (237 ml) menyediakan lebih dari 20 nutrisi berbeda, termasuk 74% dari kebutuhan harian Anda untuk vitamin C dan 22% untuk vitamin A (8).

Selain itu, kaya antioksidan lycopene, yang telah dipelajari karena potensinya untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu (9, 10).

    Ringkasan
    Jus tomat bersifat asam dan memiliki warna yang mirip dengan anggur merah, sehingga menjadikannya pengganti non-alkohol yang bagus untuk anggur merah dalam memasak.

11. Air

Jika Anda tidak memiliki salah satu bahan yang terdaftar sebelumnya, Anda cukup menggunakan air untuk menggantikan anggur dalam memasak.

Meskipun air tidak akan menyumbangkan rasa, warna, atau keasaman pada resep, air akan memberikan cairan, yang akan mencegah hidangan menjadi lebih kering daripada yang Anda inginkan.

Jika Anda memiliki cuka atau gula biasa, Anda dapat mencampurnya dengan air untuk membantu meningkatkan rasa.

Sedangkan untuk kuantitas, 1/4 gelas air, 1/4 cangkir cuka dan 1 sendok makan gula adalah campuran yang berguna untuk digunakan sebagai pengganti 1: 1. Namun demikian, Anda mungkin perlu mengubah ini bergantung pada apa yang Anda buat.

    Ringkasan
    Air berkontribusi cair untuk resep, sehingga dapat digunakan untuk menggantikan anggur dalam masakan. Namun, itu tidak menyumbangkan rasa, warna atau keasaman.

Garis bawah

Ada beberapa bahan non-alkohol yang memiliki sifat yang mirip dengan anggur dan dapat digunakan sebagai pengganti anggur dalam masakan.

Beberapa bahan, seperti jus anggur, dapat menggantikan anggur secara merata dalam resep, sementara yang lain mungkin perlu dicampur dengan bahan lain untuk membuat pengganti yang efektif.

Penting untuk menjaga cita rasa yang Anda inginkan saat mengganti anggur dalam resep. Misalnya, jika Anda mencari rasa manis, sebaiknya menggunakan bahan manis.

Juga, Anda mungkin merasa terbantu untuk melakukan tes rasa saat mengganti anggur dalam masakan, untuk memastikan Anda mencapai cita rasa yang diinginkan dalam hidangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar